Seorang Blogger

Sabtu, 29 Januari 2011

Merancang Template Sendiri dengan Perancang Template

ETauNggakSiLo (kayak iklan yang ada di TV-TV aja yah
)? Sekarang ada fitur perancang template Blogger yang memungkinkan kita untuk merancang template sendiri. Dulu pada artikel konsultasi matematika ke-12 (tentang simetri lipat dan simetri putar), saya telah memberitahu tentang fitur perancang template Blogger. Nah, pada postingan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah/tutorial untuk merancang template anda.

1. Pertamax-tamax (kecanduan pertamax di blog akhirnya pertama jadi pertamax ), kita login ke Blogger lewat http://draft.blogger.com (jangan lewat http://blogger.com tapi http://draft.blogger.com). Lalu klik Tata Letak > Perancang Template.
2. Pada menu Templates, anda bisa memilih template yang akan digunakan pada blog anda.
3. Klik pada menu Background. Jika ingin memberi gambar pada background, klik pada gambar dibawah tulisan Background Image. Nah, lalu pilihlah gambar yang diinginkan. Gambar-gambarnya terdiri dari beberapa kategori dan bila salah satu kategori diklik, maka akan muncul gambar yang berkaitan dengan kategori tersebut. Kalau sudah, klik Done
5. Pilihlah warna utama yang diinginkan pada bagian Main Color theme.
6. Klik pada menu Layout. Lalu, aturlah tata letak sidebar yang diinginkan. Bisa dikiri atau dikanan atau kedua-duanya.
7. Kliklah menu Footer Layout, lalu aturlah jumlah footer yang diinginkan. Apa hanya satu buah, dua, atau tiga.
8. Klik menu Adjust Width, lalu aturlah lebar dari kolom posting dan kolom sidebar (Entire Blog untuk lebar keseluruhan kolom posting dan kolom sidebar, Left Sidebar untuk lebar kolom sidebar kiri, dan Right Sidebar untuk lebar kolom sidebar kanan. Apabila hanya memilih layout dengan sidebar hanya disebelah kanan, maka yang akan muncul hanya pengaturan Right Sidebar. Begitu juga sebaliknya, jika anda memilih layout di sebelah kiri, maka pengaturan yang akan muncul hanyalah pengaturan Left Sidebar. Jika anda memilih layout dengan sidebar disebelah kiri dan kanan, maka akan muncul dua-duanya. Sedangkan jika anda memilih layout 1 kolom, maka dua-duanya tidak akan muncul dan yang hanya muncul hanya pengaturan Entire Blog)
9. Klik menu Advanced. Maka anda akan mendapatkan pengaturan seperti pada menu Font dan Warna.
10. Kliklah submenu Add CSS. Maka anda bisa menambahkan CSS kustom kedalam blog anda. Misalnya saya menambahkan kode CSS untuk help/keterangan.
11. Kalau sidah, klik Apply to Blog
12. Tunggu sebentar. Lalu klik Back to Blogger untuk kembali ke Blogger, atau klik View Blog untuk menampilkan blog anda sesudah templatenya dimodifikasi.
Selesai. Itu dia tutorial menggunakan perancang template Blogger. Semoga bermanfaat!



*Sumber tulisan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

This is my blog..

Posting Komentar